Breaking News! Gempa Bumi Mengguncang Aceh, Masyarakat Ingat Tsunami 2004

Gempa Bumi berkekuatan 4.5 Magnitudo kembali mengguncang Aceh Jaya di Provinsi Aceh. Dilansir dalam news.detik.com (14/10/2018) Badan Meteorologi Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bahwa gempa tersebut terjadi pada Minggu pagi (14/10/2018) pukul 05.48 WIB. Pusat gempa berada di laut yakni 106 km barat Calang, Aceh Jaya.


Pusat gempa juga berada pada kedalaman 40 km dan dirasakan pada skala Modified Mercalli Intensity (MMI) I-II Banda Aceh. Namun BMKG tidak menerbitkan peringatan terjadinya tsunami akibat gempa ini.


Akibat gempa ini, warga kota Banda Aceh di ibukota Provinsi Aceh, juga merasakan terjadinya getaran dan kita patut bersyukur karena tidak berpotensi menimbulkan terjadinya tsunami. Karena masyarakat Aceh masih trauma dengan terjadinya gempa dan musibah tsunami tahun 2004 yang menewaskan lebih dari 200 ribu jiwa dalam musibah tersebut. Musibah gempa yang terjadi di pagi hari Minggu, 26 Desember 2004 tersebut menimbulkan gelombang tsunami sehingga masyarakat terkejut dan ikut terbawa arus tsunami.


sebuah video amatir juga memperlihatkan mesjid Raya Baiturrahman pada saat itu air hampir masuk kedalamnya. Korban jiwa dan kerusakan massif infrastruktur pun tidak terhindarkan. Gempa dan tsunami tersebut ternyata tidak hanya di rasakan di Indonesia saja, tetapi negara lainnya seperti Bangladesh dan India juga ikut merasakan gempa dan tsunami tersebut.

Sampai saat ini belum diketahui apakah ada korban jiwa ataupun kerusakan akibat gempa yang melanda kawasan Aceh beberapa waktu yang lalu. Semoga saudara kita yang ada di Aceh dan wilayah lainnya yang juga merasakan terjadinya gempa mendapatkan keselamatan dari Allah dan dijauhkan dari musibah bencana alam lainnya. Amin

Sumber




Categories : bathroom News Viral

Related Posts

No comments:

Post a Comment

HIGHLIGHTS

PAGEVIEWS